Tanggung jawab dan tugas housekeeping
Secara umum, tugas utama housekeeping adalah memastikan bahwa segala kebutuhan rumah tangga yang meliputi, kebersihan, makanan, utilitas dan yang lainnya telah terpenuhi. Dalam sebuah hotel, tugas housekeeping adalah memastikan kenyamanan para tamu. Seorang housekeeper harus selalu siaga apabila ada tamu yang membutuhkan pelayanan.
Housekeeping memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Tidak hanya berperan sebagai room service saja, namun job desk housekeeping meliputi seluruh hotel. Ini termasuk perbaikan elektronik dan keindahan hotel. Oleh sebab itu, tak heran jika housekeeping menjadi departemen yang berperan penting dalam visual hotel.
Struktur organisasi housekeeping
Sama seperti departemen pada umumnya, housekeeping adalah divisi yang memiliki struktur di dalamnya. Tiap strukturnya memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda namun saling berhubungan satu sama lain. Berikut adalah struktur organisasi housekeeping yang banyak diterapkan, mulai dari yang paling atas hingga ke bawah.
1. Executive Housekeeper
Executive housekeeper biasanya disebut juga dengan manajer yang merupakan pimpinan tertinggi dalam departemen. Manajer bertanggung jawab dalam mengawasi jalannya operasional dan kinerja staf di bawahnya.
2. Assistant Housekeeper
Assistant housekeeper berperan mendampingi Manajer dalam menjalankan tugasnya. Selain sebagai pendamping, seorang asisten juga kerap kali mewakili manajer yang berhalangan hadir. Tugas lainnya dari assistant housekeeper adalah merangkum semua laporan dan menyampaikannya kepada manajer.
3. Order Taker
Order taker memiliki tugas yang hampir sama dengan customer service di sebuah hotel. Order taker bertanggung jawab untuk menerima pesanan dari taku yang menginap, mencatatnya kemudian melaporkannya kepada departemen housekeeping.
4. Floor Supervisor
Floor supervisor bertugas di setiap lantai. Tanggung jawab utamanya dalam housekeeping adalah mengawasi kinerja housekeeper dalam melayani tamu. Mereka juga yang pertama kali bertanggung jawab apabila terdapat komplain dari tamu.
5. Housekeeper
Posisi ini adalah pekerjaan yang berhubungan langsung dengan tamu. Mereka akan mengunjungi kamar tamu untuk membersihkannya atau memberikan fasilitas yang dibutuhkan oleh para tamu. Karena itu, seorang housekeeper wajib memiliki sikap yang ramah.
Pembagian Seksi Departemen Housekeeping
Tidak hanya memiliki struktur organisasi. Housekeeping adalah departemen yang dibagi menjadi beberapa seksi yang bertanggung jawab pada area yang berbeda-beda.
- Public Area
Seksi area publik bertanggung jawab untuk memastikan kebersihan area publik. Area tersebut meliputi lobby, kolam renang, resto dan fasilitas umum lainnya.
- Room
Seksi ini bertugas untuk memenuhi kebutuhan tamu di setiap kamar. Selain itu juga memastikan kebersihan kamar dan segala fasilitasnya aman sebelum ada tamu yang menempati.
- Laundry
Seksi ini bertugas dalam cuci-mencuci. Biasanya, hotel memberikan fasilitas laundry kepada para tamunya, seksi ini lah yang akan bertanggung jawab terkait hal tersebut. Selain itu, kebersihan peralatan kamar seperti sprei dan handuk menjadi tugas seksi laundry.
- Linen
Seksi linen bertugas mendistribusikan peralatan kain dari laundry ke kamar-kamar tamu. Dalam menjalankan tugasnya, seksi ini harus memastikan setiap kamar telah mendapatkan sprei dan handuk tanpa ada yang terlewat.
- Gardener
Tugas dari seksi gardener housekeeping adalah merawat bagian taman hotel. Mereka yang akan bertanggung jawab terhadap keindahan taman hotel. Tidak hanya sebatas itu, seksi ini juga harus memperhatikan setiap tanaman yang ada di semua sudut ruangan.
Alat-alat Housekeeping dan Fungsinya
Alat yang digunakan oleh housekeeper dalam menjalankan tugasnya dibagi menjadi dua kategori, yaitu:
Alat pembersih Manual: Pengoperasian alat ini membutuhkan tenaga manusia, contohnya adalah sapu dan kemoceng.
Alat pembersih makinal: Jenis alat ini dioperasikan menggunakan listrik, contohnya adalah mesin cuci dan vacum cleaner.
Tata Krama Tamu dalam Housekeeping
Menjaga sopan santun kepada housekeeper
Meskipun ada istilah yang menyebutkan tamu adalah raja, namun seorang tamu juga harus tetap memperlihatkan sikap sopan. Dalam hal ini, jika Anda membutuhkan pelayanan dari housekeeping, pastikan memintanya dengan baik dan tidak semena-mena.
Tidak asal membawa pulang barang dari hotel
Di setiap kamar hotel biasanya ada fasilitas uang memang diberikan kepada para tamu seperti, air minum, sampo, sabun atau sandal hotel. Tetapi tidak semua barang bisa dibawa pulang. Setiap kelengkapan barang di dalam kamar merupakan tanggung jawab departemen housekeeping, sehingga jika ada yang hilang maka akan menimbulkan masalah.
Sudah menjadi tanggung jawab housekeeping dalam menciptakan lingkungan bangunan yang bersih demi kenyamanan Anda. Untuk itu, tidak ada salahnya sekali-kali Anda memberikan sebuah tip kepada staff housekeeping sebagai tanda terima kasih
0 comments:
Post a Comment